IGI KOTA KUPANG MENGIKUTI KEGIATAN PELANTIKAN DAN PEMBEKALAN MENEJEMEN ORGANISASI (PMO) REGIONAL NTT

 

Foto Bersama selesai Pelantikan Pengurus IGI Kota Kupang (Foto:IGIKotakupangMedia)

IGI Kota Kupang Media(20/06) Dalam Rangka pelaksanakan Salahsatu program kerja IGI wilayah Nusa Tenggara Timur yaitu telah dilaksanakan kegiatan Pelantikan Pengurus Daerah secara kolektif IGI yang di ikuti oleh beberapa Daerah diantaranya Kota kupang, Kab.Kupang, Kab.Belu, Kab.Malaka dan Kab.Rote Ndao serta dilanjutkan dengan Pembekalan Materi Menejemen Organisasi (PMO). Pelaksanaan kegiatan bertempat di Balroom Komodo Kantor DPD RI Nusa Tenggara Timur yang di mulai padaĺ 08.00 wita s.d 18.00 Wita (20/06/2022).

 Dalam kegiatan Tersebut diawali dengan Pembukaan oleh MC  dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IGI. Kemudian masuk ke acara  Laporan Ketua Panitia dan Sambutan pertama oleh  Sekretaris Jendral IGI Dr. Hibatun Wafiroh,S Pd.,M.Psi dalam Sambutannya beliau menyampaikan "seorang Guru itu ada 4 Kriteria : 1. Pintar dan mau berbagi 2. Pintar tapi pelit, 3. Tidak pintar dan mau belajar,4. Tidak pintar dan tidak mau belajar. Seorang guru juga harus menjadi guru yang VIP :V = Visioner I = Inisiatif P = Presisten" ujar beliau dalam sambutan.

             Ibu Sekjen IGI saat memberikan Sambutan (Foto:IGIKotakupangMedia)

Selanjut nya sambutan kedua yaitu oleh Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi NTT Menyampaikan " Bahwa pada hakikatnya mutu Pendidikan adalah merupakan tanggung jawab kita bersama dan IGI merupakan mitra yang siap sama-sama bersinergi dalam mensukseskan Pendidikan Khususnya di NTT dan Balai Penjaminan Mutu Siap Memfasilitasi Tempat atau aula jika IGI mau melaksanakan Kegiatan Workshop dan pelatihan lainnya" .

Berikutnya acara inti kegiatan yaitu Pembacaan Surat Keputusan Pengurus Pusat IGI beserta lampiran Komposisi Personalia Pengurus Daerah dari Kota kupang, Kab.Kupang, Kab.Belu, Kab.Malaka dan Kab.Rote Ndao oleh Sekretaris Wilayah IGI Prov.NTT Mohammad Kasim. Kemudian dilanjutkan dengan Pembacaan Naskah Pengukuhan/Pelantikan oleh Ketua Wilayah Melky Da Cunha kepada Pengurus Daerah yang dilantik. Kemudian sesi akhir prosesi pelantikan yaitu penandatanganan Berita Acara dan penyematan Atribut organisasi berupa Pin kepada masing-masing ketua Daerah.


  Proses pelantikan dan Pendandatanganan Berita acara (Foto:IGIKotakupangMedia)

 Usai kegiatan Prosesi pelantikan Tim Media IGI Kota Kupang Melakukan wawancara dengan Ketua Terpilih Pengurus IGI Kota Kupang yang juga sebagai Pengawas SMP Kota Kupang Fransiska Romana Kein, S.Pd mengatakan " IGI Kota kupang akan Bergerak Cepat dan bersinergi dengan pakar pendidikan dalam meningkatkan Profesionalisme guru,inovatif,kreatif dan berwawasan Global sesuai Visi IGI serta Rencana Strategis Pemerintah dalam Implementasi Kurikulum Meredeka.

Ibu Sekjen Igi bersama Ketua IGI Kota Kupang (Foto:IGIKotakupangMedia)

Rangkaian acara berikutnya yaitu Pembekalan Materi Organisasi PMO yang di awali langsung oleh ibu Sekjen IGI Dr. Hibatun Wafiroh,S Pd.,M.Psi dengan Materi Pengenalan AD/ART dan Menejemen Organisasi IGI.

Materi POM oleh Ibu Sekjen IGI (Foto:IGIKotakupangMedia)

Pemateri kedua oleh Bapak Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi NTT Dr. Wirman Kasmayadi, S.Pd., M.Si.dengan materi Strategi Kebijakan Kemendikbudristek dalam Implementasi Kurikulum Meredeka.

Kepala Balai Guru Penggerak NTT Saat Pembelakalan Materi (Foto:IGIKotakupangMedia)

Beliau memaparkan bahwa "anggota igi harus bersinergi dan menjadi contoh kepada guru yang lainnya dalam penggunaan Platform merdeka mengajar sebagai salah satu wadah implementasi kurikulum Merdeka yang menjadi salah satu Program prioritas Pemerintah Pusat dalam pemulihan Pendidikan di  indonesia"ujarnya. Selanjutnya dilakukan dialog interaktif antara peserta dan pemateri tentang kebijakan Sekolah penggerak dan guru penggerak di NTT.

 

Dan di sesi terakhir sekaligus menutup kegiatan secara Resmi di sampaikan oleh Ketua umum IGI Danang Hidayatullah memaparkan materi tentang kepemimpinan. Beliau menyampaikan bahwa "seorang pemimpin adalah orang yang melihat dampak  dari segala sesuatu dan selalu berpengaruh kepada anggotanya dan kita di Igi sudah menerapkannya yaitu selalu berbagi bersama dengan ikhlas meskipun tanpa bayaran yang terpenting adalah bagaimana Dampaknya kepada peningkatan kompetensi guru"

Ketua Umum IGI Saat Pembekalan Materi (Foto:IGIKotakupangMedia)

 Kemudian di akhir Penutupan kegitan secara resmi beliau menyampaikan sekapur sirih kesimpulan dari Semua kegiatan yang kita lakukan terkait peningkatan Kompetensi guru muaranya hanya 3 M. Yaitu murid,murid dan murid.

Semoga dengan teelaksananya kegiatan Pelantikan atau pengukuhan dan Pembekalan Materi Menejemen Organisasi (PMO) Tingkat Daerah bisa menjadi semangat awal untuk Igi NTT semakin maju menggerakkan Guru-guru untuk inovatif,kreatif, inklusif,profesional dan berwawasan Global.

 

IGI....Resilient...!

Salam igi... Sharing & Growing togather..!!


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama